Berdamai dengan Air Mata

Sore tadi kuterlibat cekcok kecil dengan seorang teman, hanya masalah sepele handphone kesayangan (karena satu-satunya dan memiliki sejarah) kubanting dan rusak. Cekcok kecil, bukan perkelahian baku hantam. Aku sedih bukan karena handphone yang berisi phonebook, SMS dan catatan penting sudah tak tertolong lagi, aku sedih karena belum mampu mengendalikan emosi sesaat.

Saat marah sebetulnya aku sadar, begitulah aku. Jika benar-benar kesal aku pun harus ‘jujur’ untuk menumpahkannya. Secara refleks aku menumpahkan apa yang sudah tak bisa ditahan. Aku menumpahkan amarah, just it. Tapi ternyata amarahku melibatkan orang lain juga marah. Yup, I’m wrong. Aku sadar akan kesalahanku. Aku tidak gengsi untuk meminta maaf, aku benar-benar menyesal.

Ini hari Kamis, dan aku sedang puasa Kamis. Entah apakah niatan ibadahku diterima atau tidak, aku berserah diri. Bukan nilai pahala yang aku cari, belajar untuk menahan diri makna yang aku gali. Semoga ada hikmahnya.

Buka puasa sendirian, pergi ke kucingan dekat kampus. Sambil makan dua bungkus nasi kucing dan minum segelas teh panas, kembali kumerenungi apa yang terjadi tadi. Tak henti-hentinya timbul perasaan menyesal.

Yang kutakutkan adalah karena egoku orang terdekatku kecewa. Jika orang terdekat pergi, adalah pilihan mereka yang tak bisa kuhentikan. Orang sepertiku sudah terbiasa dengan rasa sendiri dan kehilangan seseorang, tapi membuat kecewa seseorang yang disayang adalah hal yang menyakitkan diri sendiri.

Perlahan mata ini berkaca, sambil menikmati tegukan terakhir kembali kumemesan kopi. Aku masih ingin berlama-lama menikmati rasa bersalahku, biarkan aku berdamai dengan air mata.


One thought on “Berdamai dengan Air Mata

tinggalkan jejak...

