Pilih Mana?

Tadi pagi kita sempat ngobrol via telepon, aku sudah siap berangkat ke kantor sedangan kau baru siap-siap ngibrit ke kamar mandi. *lempar handuk*

Kau tanyakan kedatanganku di acara wisudamu, seperti biasa aku tak bisa berjanji. Aku hanya mengusahakan. Aku ingin jujur atas usahaku, bukan janji yang (kadang) malah membuat kecewa. Ku tak inginkan itu.

Senin 5 November 2012 adalah wisudamu, dan bersamaan dengan hari kerja. Aku bisa saja meminta ijin kepada atasan untuk bisa hadir di hari bersejarahmu. Bagaimana tidak bersejarah? Itu salah satu bagian fase yang harus dijalani. Kenapa kata-kataku malah menjadi berat gini? Ini tak ada hubungannya dengan nasi goreng yang kusantap tadi pagi.

Ini adalah awal bulan, kesibukan lebih banyak ketimbang biasanya. Ditambah persiapan event middle launching di 5 kota. Sepertinya berat meninggalkan pekerjaan kantor, selain tanggung jawab juga sungkan terhadap rekan dan atasan.

Saat ditelpon tadi kau sempat terdiam lama, terdengar tak bersemangat kau menjawab pertanyaanku. Aku tawarkan untuk menemui weekend ini, dan kembali ke Solo keesokan harinya. Kau hanya diam, aku tak terbiasa dengan ini. Aku merasa kurang dihargai dan aku paling tak suka itu, aku tahu kau punya alasan. Dengan perasaan dongkol ku tutup telpon dan bergegas berangkat ke kantor.

Kau pun meminta untuk tak menemuimu saat weekend ini. Aku jawab “Trus mas pulang untuk apa?”

Lebih baik melihatku di hari wisuda, bukan hari menjelang wisuda, itu alasanmu. Mungkin bagimu itu lebih baik, (tapi) tak bolehkah mas menemanimu hingga jelang wisudamu?

Kau ingin dirimu ‘merasa’ lebih baik atau membiarkan mas-mu ini sedih dan kecewa karena tak dapat menemuimu, pilih mana?


tinggalkan jejak...

