Kereta Telat, Bisa Ganti Jadwal?

Beberapa waktu lalu saya menikmati libur weekend di Cirebon. Saya memilih moda transportasi Kereta Api untuk menuju Cirebon. Tiket dibooking beberapa hari sebelum berangkat, jadi sampai Stasiun tinggal menuju Cetak Tiket Mandiri. Tiket saya KA Brantas dengan jadwal keberangkatan pukul 19:28 WIB

19:05 saat melakukan check-in, petugas menginformasikan bahwa kereta Brantas mengalami keterlambatan, diperkirakan kereta baru merapat pukul 20:20, berarti molor satu jam. Sambil menunggu kereta saya menikmati hiburan musik dari Group Keroncong Stasiun.musik keroncong stasiun semarang tawang19:50 petugas kembali menginfokan bahwa kereta dijadwalkan merapat pukul 21:40. lha kok makin molor kirain bisa lebih maju😦 molornya nyampe dua jam. Makin tepos nih pantat😦

Bagi Anda yang sering bepergian menggunakan kereta api pasti tau bagaimana kinerja PT. KAI sekarang. Peningkatan yang luar biasa diberbagai aspek, diantaranya ketepatan waktu, gerbong yang lebih nyaman, bersih dan bebas asap rokok. Jadi saya anggap wajar jika para penumpang kecewa. Jangankan dua jam, molor setengah jam aja rasanya sudah luar biasa.

Melalui pengeras suara petugas menginformasikan bahwa penumpang Kereta Api Brantas dapat merubah jadwal keberangkatan dengan kereta lain, dan mempersilahkan penumpang menuju loket. Saya lihat layar monitor ketersediaan tempat duduk, antara KA Harina (20:43) dan KA Menoreh (21:00). Saya pun memilih Menoreh dengan pertimbangan jumlah ketersediaan kursi lebih banyak.

Untuk ganti jadwal kereta nggak perlu ke Loket Pembatalan, langsung saja antri di Loket Keberangkatan hari ini. Dan untuk penggantian tiket ini sama sekali tidak dikenakan pemotongan, penumpang tinggal bayar selisih harga tiket. Dalam kasus ini tiket Brantas Semarang Tawang – Cirebon Perujakan Rp. 9orb. Tiket Menoreh Semarang Tawang – Cirebon Perujakan Rp 145rb, saya tinggal nambah Rp. 55rb

Saya bersyukur masih ada kursi Menoreh yang kosong, kalo nggak ya terpaksa harus tetap ikut Brantas yang kabarnya molor hingga tiga jam😀

*) dalam kasus ini, kereta mengalami keterlambatan dari jadwal yang ditentukan. Dan stasiun keberangkatan bukan stasiun awal rute kereta. Dalam kondisi normal perubahan jadwal kereta api dikenakan biaya administrasi 25% dari harga tiket. Untuk lebih lanjut bisa menghubungi call center KAI di (021)121


17 thoughts on “Kereta Telat, Bisa Ganti Jadwal?

  1. Walaupun pada akhirnya keputusan untuk ganti kereta atau tidak adalah keputusan penumpang, tapi kebijakan membayar selisih harga agak nyebelin sih. Kompensasi pada penumpang atas keterlambatan juga harus diperhitungkan, meskipun sebabnya karena force majeure. Harusnya bayar selisihnya jangan penuh dong ya?

    1. Kalo itu dilema sih mas, sepertinya susah. Istilahnya tiket kita dikembaliin 100% trus kita beli tiket baru lagi, jika ternyata tiket pengganti lebih mahal maka kita harus rela merogoh kocek lagi.

      Untuk kasusku, untung selisih tiket pengganti gak begitu tinggi. Coba kalo adanya tinggal eksekutif yang berkali-lipat, tentunya juga dilema. Antara merogoh kocek lebih dalam atau rela di PHP-in jadwal.😀

      Keterlambatan lebih dari 1 (satu) jam wajib diberikan hak pengembalian tiket 100% (seratus persen) bagi penumpang yang membatalkan perjalanan
      *habis eker2 Peraturan Menteri Perhubungan No PM 47 Tahun 2014*😀

    2. Jadi tiketnya direfund ya? Tapi kan pembatalan terjadi bukan karena keinginan penumpang? *tetep maksa* hahaha…Tapi lepas dari itu naik kereta api memang nyaman lah. Suasana stasiun sekarang lebih teratur.

    1. Bener, tiap tahun selalu terjadi kenaikan tarif. Mahal sih relatif yaa, tapi setiap rute pasti ada rate yang murah kok. Bisa disiasati dengan naek kereta ekonomi.

      Berharapnya sih jangan naik lagi, turun boleh deh. Karena hampir dua minggu sekali PP Jakarta-Semarang naek Kereta. #curhat

  2. Wah kalau saya pasti uring-uringan karena keterlambatan kereta sudah keterlaluan. Harusnya sih kalau kejadian seperti ini mesti ada potongan buat penumpang yang dikecewain kwa ha ha yang sabar mas…

    1. Yups, pembatalan dan penggantian jadwal diluar sebab keterlambatan kereta (lebih dari 1 jam) dikenakan biaya 25% dari harga tiket.
      Sudah di re-schedule atau refund belum? jangan terlalu mepet sama jadwal keberangkatan tiket yaa🙂

    1. tapi kenyamanan naik kereta telah menghilangkan sesuatu. sesuatu yg dulu dinikmati para pejalan.. suara asongan juga koran bekas tempat alas duduk di bordes kereta.. hahaha😀
      #curcol

tinggalkan jejak...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s