Berapa Jumlah Giro dalam Satu Slip?

Biasanya saya sudah menulis slip kliring/ setor giro sebelum berangkat ke Bank, hal ini bertujuan agar sesampainya di bank setelah ambil nomer antrian tinggal duduk manis tapi harus repot menulis dan menyalin nominal giro.

Itu kasusnya jika client sudah menitipkan gironya beberapa hari sebelumnya. Berbeda jika client mengabari ada giro yang bisa diambil dan tanggal efektif pencairan hari itu juga. Sebenernya ambil dan setor giro dihari yang sama bukan jadi soal, saya malah seneng karena giro bisa cair cepat dan pembayaran dapat dibukukan hari itu juga.

Biasa ada dua-tiga giro yang seperti ini, diambil dan disetorkan dihari yang sama. Jika mendapat nomer antrian yang agak panjang, sambil menunggu saya bisa menulis slip kliring/ setor giro. Jika antrian nggak panjang atau nomer antrian saya sudah dipanggil saya menulis slip dimeja teller. Menulis slip terburu-buru itu malah nggak enak bro, ditangan pegel. Hahaha

Kemarin setelah libur lebaran salah satu client mengabari ada giro yang bisa diambil, jumlahnya luas biasa karena tak seperti biasanya. 12 lembar giro! Diperjalanan menuju bank terbersit dalam satu slip setor/kliring seperinya bisa buat setor lebih dari satu giro.

slip-setor-kliring-giro

Sesampainya di bank saya menanyakan kepada petugas yang biasa terlihat mondar-mandir melayani nasabah yang membutuhkan informasi/bantuan. Saya menanyakan kepada petugas tersebut, kebetulan dia sering melayani giro saya saat bertugas di teller. Dia sedang rolling tugas.

Berapa jumlah giro yang bisa disetorkan dalam satu slip?

Dari petugas tersebut saya mendapatkan informasi, dalam satu slip maksimal bisa untuk lima giro, sesuai jumlah baris yang ada pada slip ‘Bukti Setoran’ atau slip ‘Bukti Setoran Kliring, Titipan Kliring, dan Titipan Warkat BCA.’

Kembali lagi ke topik 12 giro, jadi giro tersebut saya jadikan tiga slip. Wuih kebayang nulis 12 giro dengan terburu-buru gimana gempornya hahaha. Selain itu dengan penggabungan gini jadi hemat biaya transfer/setor antar bank.

Daripada mengeluarkan uang 60ribu untuk 12 slip, sekarang cukup 15ribu. Jadi lebih hemat plus pergelangan tangan nggak gempor. Hahaha 😀

Note: ini pengalaman saya proses kliring di bank BCA.

Update (14/07/2017):

Hari ini saya lihat slip setoran/klirng bank Mandiri jumlah baris isiannya hanya tiga, berbeda dengan BCA. Untuk bank lain pastinya juga berbeda. Sampai saat ini saya baru kliring di 2 bank: BCA dan Mandiri.

FYI, untuk setor tunai atau setor kliring antar cabang (sesama Mandiri) tidak dikenakan biaya admin. Sedangkan BCA Rp. 5ribu/ lembar slip. Tq – AFQ

Advertisements

tinggalkan jejak...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s