Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriah

Menyambut Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah agar lebih bermakna salah satunya dengan cara mengharap ridho dan berkah dari Allah SWT dengan intropeksi diri, bersyukur dan memanjatkan do’a memohon ampun, rahmat dan taufiq-Nya.

Doa adalah kekuatan bagi seorang muslim kepada Sang Pencipta, didalamnya terkandung renungan, harapan, kecemasan dan sekaligus optimisme terhadap kondisi yang lebih baik. Berdoa juga merupakan wujud sikap dan perilaku yang rendah dihadapan Allah SWT. Sebagai hamba yang tak berdaya dan tak ada apa-apanya dihadapan Allah. Berdoa juga perwujudan sikap pantang menyerah menghadapi realita hidup, karena dibalik do’a tersirat harapan yang besar.

Bacaan doa akhir tahun dan awal tahun hijriah

Dibaca dengan kesungguhan hati dan penyesalan atas semua dosa dan khilaf selama ini serta momohon ampun kepada Allah SWT agar senantiasa memperoleh ridho dari Allah SWT.
Doa Akhir Tahun HIjriah

Dibaca minimal 3x pada akhir waktu Ashar atau sebelum memasuki waktu Maghrib pada akhir bulan Dzulhijjah.

doa-akhir-tahun-hijriah

Doa Awal Tahun

Dibaca 3kali setelah sholat Maghrib pada malam 1 Muharram.

doa-awal-tahun-hijriah

Hukum bacaan doa awal dan akhir tahun

Menelisik dari sejarah, bahwa kalender hijriah ditetapkan pada masa khalifah Umar bin Khattab, yang menetapkan awal patokan penanggalan Islam adalah tahun di mana hijrahnya Nabi Muhammad saw dari Mekkah ke Madinah.

Jadi tidak ada dalil yang dikeluarkan oleh Rasulullah tentang doa akhir dan awal tahun hijriah. Saya pribadi berpendapat bahwa tidak ada salahnya menjadikan ini sebagai kebiasaan yang baik. Karena aktifitas atau kegiatan yang positif insyaAllah tidak akan sia-sia. Tidak perlu mengatakan bahwa mengamalkan doa ini adalah bid’ah. Terlalu jauh bro. Jika ada hal yang positif maka ambilah.

Pemahaman agama saya masih dangkal dan perlu banyak belajar. Semoga kita terhindar dari upaya-upaya yang menjauhkan dan melemahkan iman. Amin.

Advertisements

2 thoughts on “Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriah

tinggalkan jejak...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s