Hari Kereta Api Nasional

Dirgahayu Kereta Api Indonesia! Terimakasih sudah menjadi bagian hidup saya dan keluarga. Sejak dulu orang tua saya setiap kulakan dagangan ke Tanah Abang selalu naik kereta. Berangkat PP dari Semarang. Saat karcis kereta bentuknya masih seperti kartu gaplek (remi), ada yang masih inget atau malah masih menyimpan? 😀

Sekarang hampir setiap minggu saya mudik PJKA naek kereta, karena Khaleef lagi di Semarang untuk beberapa minggu ini gantian istri yang PJKA.

Secara kasat mata, pelayanan Kereta Api Indonesia (KAI) berkembang sangat pesat. Stasiun jadi lebih tertata, pelayanan petugas yang ramah dan masih banyak lagi. Diantara kelebihan-kelebihan ada hal-hal yang nggak nyaman. Kebijakan yang baru beberapa bulan ini berjalan diantaranya:

  1. Reservasi tiket via CS 121 hanya untuk minimal 24 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta. Artinya kurang dari itu harus via aplikasi atau datang langsung ke Stasiun.
  2. Pembelian di Stasiun untuk keberangkatan lain hari hanya dilayani sampe pukul 16:00 (ini pengalaman saya di Stasiun Semarang Poncol dan Tawang). Artinya jika Anda hendak membeli tiket untuk keberangkatan hari besoknya (jam dini hari sekalipun) Anda akan diarahkan untuk membeli tiket via apliaksi, Alfamart, Indomaret dan Mesin Kios Tiket Mandiri. Memang sih banyak alternatif pilihan untuk reservasi, tapi kan tetep aja gimana gitu. Pernah saya ngejar untuk book tiket untuk hari besok dan kurang dari 24 jam. Order via CS gak bisa, terus ke Stasiun Poncol dan ditolak karena loket sudah tutup. Lanjut ke Tawang juga ditolak, dan disaranin untuk datang esok hari. Dalam hati cuma bisa bilang ‘apa gunannya nih loket, mau beli tiket aja gak bisa.’

Intinya saya berharap semoga transportasi publik yang kini makin banyak penggemarnya ini bisa tetap konsisten memberikan pelayanan terbaik bagi para calon penumpang serta penumpang.

Apa harapan dan kritik membangun dari Anda untu KAI?

Advertisements

4 thoughts on “Hari Kereta Api Nasional

  1. April Hamsa says:

    Iya skrng kereta api Indonesia makin baik. Terakhir jalan ke Surabaya dr Jakarta naik KA ekonomi sama anak2 nyaman2 aja.
    Saran? Hmmm, tiket KA eksekutifnya diturunin lagi apa ya? hehe maunyaaa :))

    • elafiq says:

      wah kalo tiket KA eksekutif turun pasti setuju banget.. hahaha
      lebih setuju lagi kalo yang turun tiket KA ekonomi, karena moda ini yang lebih sering saya naikin 😀

tinggalkan jejak...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s